Ciri Terkena Sinusitis Atau Polip Hidung

By | 11/01/2017

Ciri Terkena Sinusitis Atau Polip Hidung

Ciri Terkena Sinusitis Atau Polip Hidung,- Tahukah anda ? Sinusitis kronis adalah peradangan jangka panjang dari sinus. Sinus adalah ruang udara lembab di belakang tulang wajah bagian atas – antara mata dan di belakang dahi, hidung dan pipi. Biasanya, sinus mengalir melalui lubang kecil ke bagian dalam hidung. Apa pun yang menghalangi aliran dapat menyebabkan penumpukan lendir, dan kadang-kadang nanah, di sinus.

Drainase dari sinus dapat terhalang oleh kelainan struktural hidung, infeksi, atau jaringan pembengkakan yang disebabkan oleh alergi. Penumpukan lendir menyebabkan peningkatan tekanan sinus dan nyeri wajah. Pada orang dewasa, sinusitis kronis yang paling sering dikaitkan dengan hidung bengkak akibat alergi, terutama alergi terhadap debu terhirup, jamur, serbuk sari, atau spora jamur.

Alergi ini memicu pelepasan histamin dan bahan kimia lainnya yang menyebabkan lapisan dalam hidung membengkak dan memblokir drainase sinus.

Polip, tumor hidung dan patah tulang hidung dapat menghambat drainase sinus yang menyebabkan sinusitis kronis. sinusitis kronis juga dapat dilihat pada orang yang sinus dan hidung secara struktural abnormal sempit. Penderita asma, cystic fibrosis, atau masalah sistem kekebalan tubuh mengembangkan sinusitis kronis lebih sering daripada yang lain.

Gejala

Gejala yang paling umum adalah tekanan yang menyakitkan di bagian atas wajah, terutama di dahi, di belakang hidung, antara atau di belakang mata, atau di pipi. Kadang-kadang, nyeri sinus dapat merasa seperti sakit gigi.

Gejala lain termasuk hidung tersumbat, postnasal drip yang lebih buruk di malam hari, dan bau mulut berbau yang tidak terkait dengan masalah gigi. Demam dan tebal, berubah warna hidung debit tanda-tanda sinusitis akut, infeksi sinus jangka pendek biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri. Gejala yang sama dapat hadir dalam sinusitis kronis.

Diagnosa

Dokter akan bertanya tentang gejala Anda, berapa lama Anda telah memiliki mereka, dan apa yang Anda mungkin alergi terhadap di lingkungan Anda. Ia akan memeriksa Anda, membayar perhatian khusus untuk hidung dan tenggorokan. Selama pemeriksaan ini, dokter akan memeriksa:

  • Demam
  • Nyeri di daerah wajah Anda atasnya sinus Anda
  • Peradangan dan lendir di hidung dan tenggorokan
  • polip hidung atau septum menyimpang
  • pembesaran kelenjar getah bening

Dokter Anda biasanya dapat mendiagnosis sinusitis kronis dan memulai pengobatan berdasarkan gejala dan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan lebih lanjut biasanya tidak diperlukan.

Jika diagnosis tidak jelas, atau jika dokter Anda mencurigai Anda mungkin memiliki penyumbatan struktural, ia dapat memerintahkan tes untuk melihat sinus – biasanya computed tomography (CT) atau magnetic resonance imaging (MRI) dari sinus Anda.

Anda juga dapat dirujuk ke spesialis untuk pemeriksaan lebih lanjut. Telinga, hidung dan tenggorokan spesialis dapat melihat lebih dekat di dalam hidung dan tenggorokan dengan lingkup kecil yang memiliki lensa kamera di akhir. Spesialis alergi dapat melakukan skin-prick atau darah (RAST) tes untuk mengetahui apa yang Anda alergi.

Diharapkan Durasi

Gejala sinusitis kronis dapat bertahan selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Beberapa dokter menganggap sinusitis menjadi kronis bukan akut ketika berlangsung setidaknya tiga bulan.

Pencegahan

Jika Anda memiliki sinusitis kronis, hindari merokok dan paparan asap rokok. Anda juga harus menghindari menghabiskan waktu yang lama di luar rumah ketika ada tingkat tinggi alergen udara atau polutan. Dalam ruangan, menggunakan AC dan humidifier kadang-kadang dapat membantu mencegah gejala sinusitis kronis.

Jika Anda memiliki alergi, Anda dapat membantu mencegah episode sinusitis dengan mengidentifikasi dan menghindari pemicu dan dengan mengambil obat yang tepat seperti yang diarahkan. Beberapa langkah dapat diambil di rumah untuk menghapus banyak alergen udara dalam ruangan yang memicu masalah sinus. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

  • Menjaga jendela tertutup, terutama jendela kamar tidur. Anda dapat mengurangi ekspos terhadap kontaminasi dalam ruangan dengan menggunakan filter HEPA (efisiensi tinggi particulate filter udara) pada AC Anda.
  • Saat bepergian dalam mobil Anda, drive dengan ventilasi eksternal tertutup dan pendingin udara. Beberapa kendaraan yang lebih baru dapat dilengkapi dengan sistem efisiensi tinggi, udara-filtrasi.
  • Mandi atau mencuci rambut Anda sebelum tidur di malam hari untuk menghilangkan polutan atau alergen udara yang terakumulasi selama hari.
  • Pakaian kering di dalam, baik dalam pengering atau garis. Pakaian pengeringan pada garis luar dapat mengumpulkan alergen.
  • Meminimalkan kegiatan dengan paparan berat serbuk sari, seperti memotong rumput dan meniup daun.
  • Menghirup uap dan membilas hidung dengan larutan garam secara teratur juga dapat membantu untuk menghindari gejala.
  • Pastikan Anda minum cukup cairan.

Pengobatan

Jika Anda berpikir Anda memiliki sinusitis, Anda dapat mencoba beberapa hal di rumah pertama untuk membantu mengurangi pembengkakan dan membuka sinus diblokir. Menghirup uap dan menggunakan mencuci semprot hidung saline sering membantu.

Dekongestan, dengan mulut atau semprot hidung, tersedia tanpa resep dan dapat membantu untuk meringankan tekanan. Untuk mengontrol rasa sakit, cobalah asetaminofen (Tylenol) atau ibuprofen (Advil, Motrin dan lain-lain).

Karena sinusitis kronis sering disebabkan oleh peradangan yang terkait dengan alergi, mengidentifikasi, mengobati dan mencegah alergi Anda membantu untuk meringankan sinusitis tersebut. obat alergi termasuk antihistamin, dekongestan, inhibitor leukotriene dan obat anti-inflamasi.

semprotan hidung kortikosteroid juga bisa meredakan hidung bengkak dan peradangan sinus. Jika semprotan ini tidak membantu, Anda mungkin perlu steroid oral, seperti prednisone. Anda mungkin perlu minum antibiotik bersama dengan kortikosteroid oral hidung atau.

Jika alergi Anda sulit untuk mengontrol, spesialis alergi dapat menguji Anda untuk alergi tertentu dan mengelola desensitizing tembakan (immunotherapy) untuk mengobati gejala Anda.

Jika gejala sulit untuk mengontrol dengan obat saja, Anda mungkin perlu untuk melihat telinga, hidung dan tenggorokan spesialis, yang dapat menentukan apakah Anda perlu sinus Anda terkuras atau jika Anda perlu operasi endoskopi untuk memperlebar bukaan sinus.

Operasi endoskopi menggunakan lingkup kecil dan instrumen untuk melihat dan beroperasi melalui saluran hidung untuk sampai ke sinus. Jika penyumbatan pembukaan sinus terbatas, balon dilatasi daerah dapat menyelesaikan masalah dan menghindari lebih terlibat operasi.

polip hidung dan penyumbatan struktural lainnya juga bisa dihilangkan dengan operasi sinus endoskopi. Bahkan septum menyimpang dapat dikoreksi dengan operasi endoskopi.
Ketika Untuk Panggil Profesional

Jika gejala tidak membaik setelah beberapa hari, atau jika Anda mengalami demam atau keluarnya cairan coklat atau hijau, Anda akan melihat dokter Anda. Jika Anda mengembangkan sakit kepala parah, Anda harus menghubungi dokter Anda untuk evaluasi lebih mendesak.
Prognosa

Prognosis untuk sinusitis kronis tergantung pada penyebabnya. Seringkali obat atau operasi diperlukan untuk mengurangi peradangan atau memperbaiki sumbatan. Dalam banyak kasus, peradangan harus dikelola dengan obat untuk waktu yang lama untuk mencegah kekambuhan.

Artikel Lainnya :

Obat Pilek Menahun Yang Tak Kunjung Sembuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *